Friday, August 13, 2010

Kotoran Manusia Buat Bahan Bakar Mobil

KabariNews.com - Berbagai cara saat ini terus dilakukan demi mengurangi pencemaran udara. Salah satunya dengan menciptakan berbagai energi alternatif yang ramah lingkungan.

Sebuah perusahaan energi di Inggris, GENeco, baru-baru ini melakukan terobosan dengan menciptakan bahan bakar yang terbuat dari kotoran manusia.

Seperti dilansir Telegraph.co.uk, Sabtu (6/8), GENeco berhasil mengembangkan gas methana dari kotoran manusia dan digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakan mobil VW Beetle.

Saat dilakukan ujicoba, mobil yang diberi julukan Bio-Bug tersebut mampu melaju dengan kecepatan 114 mil per jam atau 183 km per jam dengan menggunakan biogas tersebut. Dari hasil ujicoba tersebut diketahui bahwa laju kendaraan ini sama dengan kendaraan lainnya yang menggunakan bahan bakar bensin.

Mohammed Saddiq, Head up GENeco, menjelaskan bahwa penggunaan bahan bakar biogas tersebut cukup ramah lingkungan karena tidak mencemarkan udara.

"Gas pembuangannya cukup bersih dan tidak mengganggu kinerja mesin kendaraan," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa Bio-Bug mirip dengan mobil konvensional lainnya, sehingga bagi mereka yang baru pertamakali mengendarai Bio-Bug tidak akan sadar bahwa dirinya sedang mengemudikan kendaraan berbahan bakar kotoran manusia.

Sumber : http://kabarinews.com

Terkait ;

  1. Definisi dan Pengertian Biomassa.
  2. Bahan Bakar dari Kotoran Manusia
  3. Pengembangan Jarak Pagar (Jatropha curcas) sebagai Sumber Bahan Bakar Alternatif.
  4. Bintangur Pantai (Callophylum inophylum L ) Sumber Bahan Bakar Alternatif dan Manfaat Lainnya.
  5. Kayu Besi Pantai (Pongamia pinnata (L.) Pierre) Tumbuhan Sumber Bahan Bakar Alternatif.
  6. Kajian Tekno-Ekonomi Produksi Fuel Grade Ethanol dari Nira Aren (Arenga pinnata) dan Kelapa sebagai Sumber Energi Engine Alternatif.

1 comment:

Parfum Pria said...

wah, aku baru tau ini beritanya. gimana ngolahnya ya. hahhaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KERUSAKAN HUTAN